PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 PONTIANAK
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Pontianak”. Adapun masalah khusus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Pontianak, (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Pontianak, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP Negeri 7 Pontianak. Adapun tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak. Adapun variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada materi Negara-negara ASEAN. Bentuk penelitian yang digunakan adalah PreExperimental Design. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak yang terdiri dari 7 kelas yaitu VIII A hingga VIII G. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII F. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi langsung, komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data adalah panduan observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak tergolong baik dengan hasil 70,83%. (2) Aktivitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example di kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak tergolong baik dengan hasil 79,95%. (3) Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh hasil Fhitung = 37 dengan Ftabel = 4,11 pada taraf signifikan 0,05% dengan df (n1) = k – 1, df (n2) = 39 - 2 = 37, maka diperoleh Fhitung (37) > Fttabel (4,11), dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulannya hipotesis alternatif (Ha) berbunyi “terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Exampls terhadap aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 7 Pontianak”. Saran dari kesimpulan hasil pembahasan model pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dapat menjadi salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran IPS Terpadu harus bervariasi dan tidak monoton agar proses belajar mengajar sesuai dengan yang di harapkan, menfasilitasi siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, menjalin komunikasi yang baik antara guru dan siswa selama proses pembelajaran dan guru harus menguasai model pembelajaran dalam menyampaikan materi selama proses pembelajaran.