UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI SMA NEGERI I SELAKAU KABUPATEN SAMBAS
Main Author: | ASIH, ADHIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/2/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/3/BAB%20III.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/4/BAB%20I.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/5/BAB%20V.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/6/BAB%20II.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/7/BAB%20IV.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/51/ |
Daftar Isi:
- Keaktifan belajar siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran seperti pembelajaran geografi, karena dalam pembelajaran Geografi Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik, karakteristik dan persebaran spesial ekologis di permukaan bumi. Sehingga Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk menelaah bahwa kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi persepsi manusia tentang tempat dan wilayah. Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, berpikir kritis dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologi. Tetapi permasalahan yang terdapat di lapangan ditemukan berbagai hal-hal yang menggangu proses pembelajaran yaitu siswa kurang aktif pada saat proses pembelajaran, siswa keluar masuk selama proses pembelajaran, dan siswa kurang bersemangat dalam KBM serta siswa ribut saat proses pembelajaran. Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. model pembelajaran pada penelitian tindakan kelas yang akan digunakan adalah menggunakan model pembelajaran hnk pair and share .Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran hnk pair share pada materi biosfer di kelas XI SMA Negeri Selakau Kabupaten Sambas. Jenis penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas dengan subjek peelitian siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Selakau Kabupaten Sambas yang berjumlah 26 siswa, antaranya 9 siswa laki-laki sedangkan 17 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan relfeksi. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket respon siswa . metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif.