Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match pada mata pelajaran sejarah di MAN 2 Ketapang”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS MAN 2 Ketapang ?”. Adapun sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1) Bagaimanakah perencanaan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran sejarah dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS MAN 2 Ketapang?. 2) Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS MAN 2 Ketapang dalam meningkatkan hasil belajar siswa?. 3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS MAN 2 Ketapang dalam meningkatkan hasil belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research) adalah penelitian tindakan kolaboratif yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas kelas XI IPS 1 MAN 2 Ketapang yang berjumlah 34 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah panduan observasi, soal tes dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Indikator kinerja menggunakan hitungan rumus persentase.