Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan untuk mengetahui gaya bahasa yang terkandung dalam lirik lagu anak-anak karya A.T. Mahmud. Adapun alasan peneliti memilih gaya bahasa lagu anak dengan pertimbangan bahwa dengan mengkaji gaya bahasa, peneliti tidak hanya melihat lagu anak dari intonasi dan iramanya saja tetapi peneliti ingin mengetahui makna atau kata-kata yang terkandung di dalam lirik lagu melalui gaya bahasa yang digunakan pengarang dalam menciptakan lirik lagu anak. Kata-kata yang digunakan dalam lagu disusun oleh pengarang dengan gaya bahasa yang beragam sesuai dengan pikiran, perasaan dan kemampuan. Gaya bahasa ini bermanfaat untuk membantu pengarang menciptakan sebuah lagu agar mengandung nilai estetis. Gaya bahasa juga bermanfaat bagi pembaca dalam memahami makna yang terkandung dalam lirik lagu tersebut. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa lirik lagu anak karya A.T. Mahmud? Rumusan masalahnya antara lain: pertama, bagaimanakah gaya bahasa perbandingan pada lirik lagu anak karya A.T. Mahmud? Kedua, bagaimanakah gaya bahasa pertentangan pada lirik lagu anak karya A.T. Mahmud? Ketiga, bagaimanakah gaya bahasa pertautan pada lirik lagu anak karya A.T. Mahmud? Keempat, bagaimanakah gaya bahasa perulangan pada lirik lagu anak karya A.T. Mahmud?