UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAHAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU

Main Author: EUGENEUS, ELTAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/6/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/7/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/486/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Beduai Kabupaten Sanggau. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: Rencana Tindakan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII B. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut ditandai adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I adalah 62,5%, siklus II adalah 84,3%. Simpulan dari penelitian ini adalah:(1) melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, hal ini juga terlihat dari penilaian aktivitas siswa yang semakin meningkat dari siklus ke siklus, (2) prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share menunjukkan kemajuan yang signifikan, secara keseluruhan siswa yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 27 siswa dari 32 siswa atau 84,3%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa