Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul ”Hubungan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar geografi pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Tayan Hulu”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Hubungan Antara Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar geografi Pada Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tayan Hulu?”. Adapun sub-sub masalah adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah motivasi belajar geografi pada siswa kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Tayan Hulu?; 2) Bagaimanakah kemandirian belajar geografi pada siswa kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Tayan Hulu?; 3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar geografi pada siswa kelas VIII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Tayan Hulu? Dari masalah tersebut jelas bahwa dari peneitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, kemandirian belajar geografi, hubungan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar geografi dan seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap kemandiran belajar geografi. Hipotesis penelitian yang diuji adalah terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar geografi, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tayan Hulu sebanyak 55 orang dari 2 kelas, Alat yang digunakan mengumpul data mengunakan angket model skala likert.