UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS XI SMAN 2 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Main Author: DWI, FITRIANA SYAFITRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/472/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini Merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran TIK menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Aktivitas siswa dikelompokan menjadi 3 yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian tindakan ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan. Satu pertemuan digunakan untuk perlakuan dengan menggunakan Teams Games Tournament dan satu pertemuan digunakan untuk pengisian angket. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Subjek dalam penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Yang terdiri dari 36 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 16 orang dan siswa perempuan sebanyak 20 orang. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Intrumen tersebut dilakukan validasi terlebih dahulu.