PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Main Author: MISNA, SANTIKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/5/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/2/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/456/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII smp Negeri 3 sungai raya kabupaten kubu raya”. Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah ” Bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya?”. Secara rinci permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan, sebagai berikut : (1) Bagaimanakah keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Sebelum Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. (2) Bagaimanakah keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Setelah Diterapkannya Model Pembelajaran Berbasis Masalah?. (3) Apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap keterampilan menulis Teks Eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya ?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-exsperimental design, rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian one groups pre-test post test design. Dalam rancangan penelitian ini terdapat sekelompok objek yang dikenai perlakuan untuk jangka waktu tertentu dan kemudian di observasi hasilnya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya yang berjumlah 235 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B sebaga kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Instrument untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes hasil belajar dengan bentuk subjektif dengan jumlah 1 soal.