Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah “Peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan etika pada siswa di kelas IX MTs Miftahul Ulum Pontianak”. Masalah umum penelitian ini yaitu: “Bagaimanakah peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan etika pada siswa di kelas IX MTs Miftahul Ulum Pontianak?. Dengan sub Masalahnya: (1) Bagaimanakah etika siswa dalam pembelajaran di kelas IX MTs Miftahul Ulum Pontianak?, (2) Bagaimanakah bentuk peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam menanamkan etika pada siswa di kelas IX MTs Miftahul Ulum Pontianak?, (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi etika pada siswa di kelas IX MTs Miftahul Ulum Pontianak?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dalam bentuk studi survey. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan aktifitas, serta arsip dan dokumentasi. Teknik pengumpul data melalui observasi langsung, komunikasi langsung, dan teknik dokumentasi. Peneliti menggunakan cara kreadibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas untuk menguji keabsahan data dengan prosedur penelitian yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan verifikasi.