UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE-A MATCH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII SMA ST.FRANSISKUS ASISI PONTIANAK
Main Author: | SUSANTI, KRISTELLA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/4/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/6/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/7/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/3/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran sejarah SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak”. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: “untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe make a match pada mata pelajaran sejarah SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak”. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimanakah pelaksanaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Sejarah di kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak, 2. Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah pelaksanaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran Sejarah di kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak, 3. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model cooperative learning make a match pada pembelajaran Sejarah di kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (kolaboratif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS I SMA St.Fransiskus Asisi Pontianak. Jumlah sampelnya diambil dari seluruh populasi, yaitu 44 orang siswa di kelas XII IPS I. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah a) Teknik observasi langsung, b) Teknik pengukuran, c) Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.