PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANYUKE HULU
Main Author: | EVILIANTI, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/7/RINGKASAN.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/1/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/5/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/427/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini Judul: “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Metode Contextual Teaching Learning pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri I Banyuke Hulu”. Masalah penelitian ini secara umum adalah Bagaimanakah Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Metode Contextual Teaching Learing (CTL) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuke Hulu tahun ajaran 2015-2016?Sub-sub masalahnya adalah 1) Bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan metode Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Banyuke Hulu tahun ajaran 2015-2016 ? 2) Bagaimanakah hasil pembelajaran keterampilan menulis surat dinas dengan metode Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuke Hulu tahun ajaran 2015-2016 ? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dinas dengan menerapkan metode contextual Teaching Learning dalam proses pembelajarannya. Metode Contextual Teaching Learning dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis surat dinas karena metode ini dapat membimbing siswa serta didorong untuk saling membantu, memotivasi, dan menguasai keterampilan yang diberikan oleh guru. Metode CTL menempatkan siswa dalam kelompok belajar. Kelompok belajar tersebut merupakan campuran siswa menurut tingkat prestasi dan jenis kelamin. Proses pembelajaran dengan metode Contextual Teaching Learning (CTL), guru menyajikan laporan, kemudian siswa belajar secara berkelompok dan kemudian berusaha untuk memastikan jika seluruh anggota kelompok telah menguasai keterampilan yang diharapkan. Metode dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah bentuk kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII A SMP Negeri I Banyuke Hulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, teknik pengukuran, dan teknik studi dokumenter. Uji keabsahan data untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data menggunakan pedoman observasi, tes, dokumen, dan pedoman wawancara.