PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA (Penelitian Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Keramat)
Main Author: | YARTODI, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/7/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/426/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul“pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka di kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Keramat” dengan masalah umum yaitu: Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi menudanikon pada perangkat lunak pengolah angka di Kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Keramat?. Dengan sub masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Keramat sebelum menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka?, (2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Teluk Keramat sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka?, (3) Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada materi fungsi menu dan ikon pada perngkat lunak pengolah angka? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa sesudah diterapkan pembelajaran inkuiri. Bentuk penelitian dalam penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design yaitu rancangan satu kelompok yang menggunakan dua kali tes yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII SMPNegeri 1 Teluk Keramat yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 134 orang, sedangkan yang menjadi sampel adalah kelas VIII A dengan penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dan alat pengumpul data yaitu tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum, sesudah dan pengingkatan setelah diterapkan pebelajaran inkuiri.