PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEDOSFER KELAS X SMA N I MATAN HILIR UTARA KABUPATEN KETAPANG
Main Author: | IRWANTO, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/7/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/1/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/5/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/403/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Penerapan Metode Pemebelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pedosfer Kelas X SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode PQ4R Pada Materi Pedosfer Kelas X SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Adapun sub masalahnya adalah: 1) Bagaimanakah Pelaksanaan Pembelajaran Dengan Menggunakan MetodePQ4R pada materi Pedosfer siswa kelas X SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang ?,2) Apakah penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Materi Pedosfer kelas X SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.A SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: 1) Proses Pembelajaran dikatakan berhasil jika apa yang telah direncanakan terlaksana 80%-100% disetiap siklus, dan 2) Siswa memperoleh nilai 75,0 untuk tuntas secara individu (KKM = 75,0) dan terdapat 75% siswa memperoleh nilai 75,0 untuk tuntas klasikal menggunakan metode pembelajaran PQ4R.