KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 PONTIANAK
Main Author: | ENDANG, LESMANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/1/Abstrak.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/5/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/391/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) kemampuan penalaran adaptif siswa sebelum diterapkan model problem based learning; (2) kemampuan penalaran adaptif siswa setelah diterapkan model problem based learning; (3) kemampuan penalaran adaptif melalui model problem based learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama pre-test, pertemuan kedua dan ketiga perlakuan dengan menggunakan model problem based learning, dan pertemuan keempat digunakan untuk pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak lima kelas yaitu VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID dan VIIIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Instrumen tersebut dilakukan validasi dan uji coba terlebih dahulu dan menggunakan 5 soal yang dinyatakan valid.