Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) kemampuan penalaran adaptif siswa sebelum diterapkan model problem based learning; (2) kemampuan penalaran adaptif siswa setelah diterapkan model problem based learning; (3) kemampuan penalaran adaptif melalui model problem based learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan bentuk yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri dari 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama pre-test, pertemuan kedua dan ketiga perlakuan dengan menggunakan model problem based learning, dan pertemuan keempat digunakan untuk pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Pontianak tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak lima kelas yaitu VIIIA, VIIIB, VIIIC, VIIID dan VIIIE. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling untuk memilih kelas eksperimen yaitu kelas VIII A yang terdiri dari 36 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir). Instrumen tersebut dilakukan validasi dan uji coba terlebih dahulu dan menggunakan 5 soal yang dinyatakan valid.