STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA NEGERI 1 NOYAN KABUPATEN SANGGAU

Main Author: HERMANUS, LIVENUS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/7/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/2/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/5/DAPTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/378/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI SMA Negeri 1 Noyan Kabupaten Sanggau. Maka dirumuskan sub masala sebagai berikut: 1). Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Noyan Kabupaten Sanggau.2). Bagaimanakah hasil belajar siswa pada mata pelajajan Geografi di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Noyan Kabupaten Sanggau, setelah diberikan pembelajaran dengan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan dalam penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran Geografi khusus pada materi Lingkungan Hidup di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Noyan. 2). Untuk mendapatkan imformasi dan kejelasan yang obyektif tentang hasil belajar sesudah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran Geografi khusus pada materi Lingkungan Hidup di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Noyan Kabupaten Sanggau. Bentuk Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) Yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan Geografi. Penelitian ini dilakukan dikelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Noyan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes hasil belajar terdiri dari tes pratindakan, tese siklus I dan tes Siklus II. Tindakan penelitian dilakuka sebanyak 2 siklus dengan materi pokok lingkungan hidup. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, Observasi dan refleksi.