UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI I SELIMBAU KABUPATEN KAPUAS HULU
Main Author: | SA’ANIAH, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/6/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/1/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/373/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Upaya Guru Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri I Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Rumusan Masalah Penelitian: Apakah ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Cooperative Script Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri I Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu, dan sub masalah penelitiannya adalah; 1) Bagaimanakah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri I Selimbau 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa sesudah pelaksanaan metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri I Selimbau3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah kelas XI SMA Negeri I Selimbau Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (kolaboratif). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3 SMA Negeri I Selimbau sebanyak 34 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah a) Teknik observasi langsung, b) Teknik Pengukuran, c) Teknik studi dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:1) Pelaksanaan pembelajaran sejarah pada pra tindakan sebelum menggunakan metode cooperative script hanya memperoleh nilai 66,47. 2) Hasil belajar siswa pada siklus I dengan menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri I Selimbau walaupun belum maksima hanya memperoleh nilai 74,41. 3) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode cooperative script pada mata pelajaran sejarah telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri I Selimbau hanya memperoleh nilai 83,08.