UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DEDAI
Main Author: | JIRIN, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/6/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/3/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/7/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/1/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/4/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/5/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/363/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Dedai”. Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Dedai? Adapun sub-sub tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model reciprocal teaching pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Dedai? (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII SMP Negeri 1 Dedai? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Dedai tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada materi garis singgung lingkaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik pengukuran, sedangkan alat pengumpul datanya menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah Lebih dari atau sama dengan 75% siswa mencapai ketuntasan belajar (KKM = 72,0) setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model reciprocal teaching.