PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BEDUAI KABUPATEN SANGGAU
Main Author: | GABRIEL, ESA WARTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/1/ABSTRAK.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/3/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/4/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/5/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/7/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/362/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai Kabupaten Sanggau. Masalah umum dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan pembelajaran konvensional pada materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai?. (2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai?. (3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara model kooperatip tipe Think-Pair-Share (TPS) dan pembelajaran konvensional pada materi mengidentifikasi menu dan ikon perangkat lunak pengolah kata di kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai? Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Bentuk penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design, dengan rancangan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Beduai yang terdiri dari 4 kelas, yaitu VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrument untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes hasil belajar dengan bentuk objektif sebanyak 20 soal