UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI PERADABAN KUNO ASIA-AFRIKA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI I SANDAI KABUPATEN KETAPANG

Main Author: SARDA’AN, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/2/ABSTRAK.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/1/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/4/BAB%20I.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/5/BAB%20II.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/6/BAB%20III.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/7/BAB%20IV.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/3/BAB%20V.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/333/
Daftar Isi:
  • Skrpsi ini berjudul : “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Peradaban Kuno Asia-Afrika Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri I Sandai Kabupaten Ketapang. Skripsi Tahun 2016, Masalah umum dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Peradaban Kuno Asia-Afrika Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri I Sandai”, sedangkan masalah khususnya adalah : “Apakah Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peradaban Kuno Asia-Afrika Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri I Sandai Kabupaten Ketapang”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas dengan bentuk penelitian tindakan kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A SMA Negeri 1 Sandai. Jumlah siswa sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi langsung, pengukuran, studi dokumenter dan alat pengumpul data dengan menggunakan pedoman observasi, tes, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan dapat ditarik kesimpulan secara umum sudah terlaksana dengan baik dan dapat dikatakan berhasil, adapun kesimpulan secara khusus: 1) Perencanaan pembelajaran melalui model Kooperatif Tipe Jigsaw pada meteri peradaban kuno asia-afrika dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Sandai telah sesuai dengan langkah-langkah model Kooperatif tipe jigsaw, 2) Pelakasanaan pembelajaran melalui model Kooperatif tipe jigsaw pada materi peradaban kuno asia-afrika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Sandai pada siklus I hanya memperoleh nilai 69,53 dan siklus II memperoleh nila 79,35 dan 3) peningkatan hasil belajar sebelum dan setelah menggunakan model Kooperatif tipe Jigaw pada siswa kelas X SMA Negeri I Sandai nilai rata-rata 64,06 sebelum menggunakan model Kooperatif tipe Jigsaw, sedangkan setelah menggunakan model Kooperatif tipe jigsaw pada siklus mengalami penigkatan yang memperoleh nilai rata-rata 69,53 dan meningkat lagi pada siklus ke II memperoleh rata-rata 79,35