Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah “Apakah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dan bentuk penelitian tindakan kelas (kolaboratif). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak sebanyak 37 siswa dan 1 orang guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah a)teknik observasi; b)teknik komunikasi tidak langsung; c)teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah 1)panduan observasi, 2)angket, 3)dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.. Indikator kinerja 85% menggunakan hitungan rumus persentase dengan ketuntasan klasikal. Berdasarakan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; 1)Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran sejarah dapat dilihat dari hasil angket sebesar 60,10% dengan kategori cukup baik, maka diadakan penelitian tindakan kelas sehingga aktivitas belajar siswa meningkat.2)Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dari siklus I dan Siklus II mengalami peningkatan sehinngga dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dan dalam pelaksanaan untuk siswa, dimana interaksi antara siswa atau antar guru dan siswa berjalan dengan lancar sehingga aktivitas belajar siswa meningkat baik. 3)Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dari Siklus I ke Siklus II sebesar 14,16% dengan masing-masing hasil angket aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 72,80%, sedangkan pada siklus II hasil angket aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 86,96%. Ini berarti aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak secara keseluruhan setelah menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan yang signifikan sehingga aktivitas belajar siswa dikategorikan sangat baik.