Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul ” Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Dengan Menggunakan Metode Field Trip Pada Siswa Kelas X B SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir ” adapun latar belakang yang jadi permasalahan dalam penelitian ini, kenyataannya siswa kelas X B SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir pada pembelajaran menulis Cerpen memiliki nilai terendah, Nilai terendah yang diperoleh siswa 49 dan yang tertinggi 76 dari KKM 70. Harapan dalam penelitian ini dengan penggunaan metode Field Trip diharapkan siswa dapat menulis dengan urutan yang baik dan benar. Adapun masalah yang di bahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis Cerpen dengan menggunakan metode Field Trip pada siswa kelas X B SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir? (2) Bagaimanakah hasil keterampilan menulis Cerpen dengan menggunakan metode Field Trip pada siswa kelas SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir? Dari rumusan masalah tersebut, diketahui tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan menggunakan metode Field Trip Pada Siswa Kelas X B SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir ? Mengetahui hasil Keterampilan Menulis Cerpen dengan menggunakan metode Field Trip Pada Siswa kelas X B SMA Karya Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Hilir? Manfaat penelitian yang di kemukakan yaitu manfaat teoretis dan manfaat praktis. Fokus penelitian dibagi menjadi dua bagian (1) Variabel penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan variabel Hasil, Variabel yang digunakan pada penelitian ini keterampilan menulis Cerpen. Aspek-aspek dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Menentukan Tema, (2) Pilihan Kata atau isi, (3) Kerapian, tata tulis,Ejaan (4)Amanat. (2) Definisi oprasional yang digunakan peneliti untuk penafsiran terhadap istilah, memfokuskan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif