UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA (GAMBAR DAN VIDEO) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUJAHIDIN PONTIANAK

Main Author: ERWAN, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/2/Ringkasan%20Skripsi.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/6/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/3/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/306/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia (Gambar dan Video) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak”. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “peningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan multimedia (gambar dan video) pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak”. Tujuan khususnya yaitu mengetahui tentang 1) Penggunaan multimedia (gambar dan video)pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak.2) Hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak melalui penggunaan multimedia (gambar dan Video). 3) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak melalui penerapan media multimedia (gambar dan video) pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitia tindakan kelas (class room action research) sedangkan bentuk penelitiannya adalah penelitian tindakan kolaboratif. Berdasarkan hasil penelitian, adapun jawaban dari sub masalah yang ada dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:1) Penggunaan multimedia pembelajaran oleh guru pada mata pelajaran IPS Terpadu dikelas VII SMP Mujahidin Pontianak dapat dilakukan dengan lancar dan baik serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dapat terlihat dari hasil tes pada siklus I jumlah siswa tuntas 14 orang atau 48.27% dan siswa yang tidak tuntas 15 orang atau 51.72% dan pada siklus II mengalami peingkatan siswa yang tuntas sebanyak 22 orang atau 75.86% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang atau 24.13%. Terdapat peningkatan dengan penggunaan multimedia pada pelajaran IPS Terpadu dikelas VII SMP Mujahidin Pontianak dari siklus I dengan nilai rata-rata 69.31 dan ketuntasan klasikal 48.27% meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 77,24 dan ketuntas klasikal 75,86 %.