PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NANGA TAMAN KABUPATEN SEKADAU
Main Author: | YOGI, ALPA SYARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/6/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/1/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/5/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/4/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/7/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/2/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/3/Dafrat%20Pustaka.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/300/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Taman Kabupaten Sekadau”. Rumusan Masalah Penelitian:Apakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Taman Kabupaten Sekadau, dan sub masalah nya adalah; 1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Script pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Taman kabupaten Sekadau, 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa dalam menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Taman Kabupaten Sekadau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (kolaboratif) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Nanga Taman Kabupaten Sekadau, Yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Alat pengumpulan data adalah observasi, angket dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini digunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dengan indikator sebagai berikut: Harapan pribadi, keinginan,prestasi belajar yang dihasilkan,belajar untuk memenuhi kewajiban,belajar untuk menghindari hukuman, belajar untuk memperoleh hadiah materi yang disajikan, belajar demi meningkatkan gengsi, belajar demi memperoleh pujian, dan belajar demi tuntutan.