Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU No.20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional Bab II Pasal 3 yaitu untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa berakhlak mulia, sehat, berilmu cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Agar tujuan tersebut tercapai dengan baik, banyak faktor yang dimaksimalkan. Guru merupakan faktor penting dalam pendidikan, karea guru merupakan faktor utama dalam pelaksanaan proses pembelajaran disekolah. Sebab itu guru semestinya tidak hanya mentransfer ilmu dan memberi tugas-tugas saja kepada siswa, tetapi juga harus memperhatikan kekurangan dan kemampuan siswa. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan matematika siswa. Faktor-faktor tersebut dapat berupa motivasi kemampuan pemecahan masalah dan minat bakat siswa. Sebenarnya tidak hanya kemapuan siswa yang menjadi kelemahan dalam menyelesaikan soal cerita dalam materi system persamaan linear dua variabel, tetapi pendapat siswa yang tidak benar pada mata pelajaran matematika juga mempengaruhi kelemahan siswa. Alasan peneliti mengambil judul ini adalah ingin mengetahui bagaimana kesalahan konsep,kesalahan prosedur, dan kesalahan modeling siswa kelas X SMA Negeri 4 Sintang.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesalahan konsep, kesalahan prosedur dan kesalahan modeling siswa kelas X SMA Negeri 4 Sintang