Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Hubungan Antara Motivasi dan Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Jawai Kabupaten Sambas”. Skripsi, Pontianak: Pendidikan MIPA dan Teknologi. Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, februari 2016 . Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat hubungan antara motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Jawai Kabupaten Sambas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kejelasan hubungan motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Jawai kabupaten Sambas . Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi dan gaya belajar sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Negeri 2 jawai Kabupaten Sambas . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional, kuantitatif adalah pengumpulan data melalui instrumen penelitian berupa populasi dan sampel serta hasilnya diperoleh melalui prosedur statistic. Sedangkan korelasional adalah suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa adanya upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sihingga tidak terdapat manipulasi variabel . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 jawai Kabupaten Sambas dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan teknik -teknik adalah (1)Teknik Komunikasi Langsung (2)Teknik Komunikasi tidak Langsung. Teknik analisis data data yang digunakan ialah menggunakan dua hubungan dalam teknik analisis, yaitu regresi linier sederhana hubungan satu variabel independen dan regresi linier berganda hubungan antara dua atau lebih variabel independen . Hasil peneli tian ini menunjukan bahwa: Motivasi siswa terhadpat hasil belajar pada mata pelajaran TIK adalah memperoleh hasil regresi uji-t 4,517, Gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK memperoleh hasil regresi uji-t 4,517 dan hasil motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar secara bersama -sama pada mata pelajaran TIK memperoleh hasil regresi uji-t -3,935 dan hasil 3,242 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara motivasi dan gaya belajar terhadapat hasil belajar siswa.