ANALISIS PERANAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM UPAYA MEMBIMBING SISWA MENGHADAPI OLIMPIADE DI SMA NEGERI 3 SINTANG
Main Author: | SYECH, YUNDA ULANDARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/7/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/3/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/6/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/292/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul : Analisis Peranan Kepala Sekolah dan Guru Dalam Upaya Membimbing Siswa Menghadapi Olimpiade SMA Negeri 3 Sintang Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2016/2017” Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui 1) Persiapan yang dilakukan kepala sekolah dan guru dalam membimbing siswa menghadapi olimpiade di SMA N 3 Sintang 2)Kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam persiapan menghadapi olimpiade di SMA N 3 Sintang 3) Hasil usaha kepala sekolah dan guru dalam membimbing siswa menghadapi olimpiade Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA Negeri 3 Sintang, subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pembimbing dan siswa yang terlibat dalam olimpiade dan objek penelitian adalah Analisis Peranan Kepala Sekolah dan Guru Dalam Upaya Membimbing SIswa Menghadapi Olimpiade di SMA Negeri 3 Sintang, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumenter. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, kemudian dipahami dan data tersebut dapat ditarik kesimpulan berupa 1) Persiapan yang dilakukan kepala sekolah dalam menghadapi Olimpiade Geografi kan Kebumian yaitu dengan memberikan kepercayaan penuh dengan guru pembimbing, selain itu juga kepala sekolah tidak lupa memberikan motivasi penuh kepada guru agar tetap semangat membimbing siswa hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Begitu pula dengan persiapan yang dilakukan oleh guru pembimbing yang menjadi salah satu tokoh penting dalam kesuksesan Olimpiade Geografi dan Kebumian. Guru pembimbing melakukan strategi khusus dalam membimbing siswa dan membuat kegiatan pembimbingan bukan menjadi sebuah beban 2)Kendala yang dihadapi guru adalah sulitnya membagi waktu membimbing peserta olimpiade Geografi dan Kebumian dengan aktivitas belajar mengajar di kelas sebagai tenaga pengajar, menyebabkan kurangnya penguasaan materi secara maksimal terutama pada soal-soal yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Sehingga kedepannya diperlukan waktu yang tepat untuk lebih memahami materi dan menyelesaikan soal-soal. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh siswa adalah kendala yang dirasakannya yaitu kurang memahami soal-soal saat olimpiade dengan pemilihan opsi jawaban sebagai pengecohnya yang mendekati jawabannya 3)Hasil usaha kepala sekolah dan guru selama beberapa tahun kebelakang sudah cukup baik dalam membimbing peserta olimpiade.Hal ini dapat dilihat selama beberapa tahun antara 2008-2015 selalu menduduki 3 besar, walaupun pada tahun ini prestasi olimpiade Geografi dan Kebumian sangatlah jauh dari perkiraan.