MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU GEOGRAFI DI KELAS VIII SEKOLAH MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI BAKAU KECAMATAN JAWAI KABUPATEN SAMBAS TAHUN 2015/2016

Main Author: DARMA, AKBAR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/4/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/5/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/1/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/6/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/2/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/290/
Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Geografi di Kelas VIII Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Bakau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas Tahun 2015/2016. Masalah Umum Dalam Penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatkan hasil belajar sisiwa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu geografi di kelas VIIIC Madrasah Tsanawiyah negeri Bakau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas tahun 2015/2016.Adapun sub masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1. Bagaimanakah pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS Terpadu Geografi di kelas VIIIC Sekolah Mts N Bakau ? 2.Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS Terpadu geografi di kelas VIIIC sekolah Mts Negeri Bakau ? Tujuan Dalam Penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS terpadu geografi di kelas VIII sekolah Madrasah Tsanawiyah negeri Bakau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas tahun 2015/2016. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dan Bentuk Penelitian tindakan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri Bakau Kecamatan jawai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar Panduan Observasi, panduan wawancara, dokumentasi, tes hasil belajar pra tindakan, tes hasil belajar siklus I, tes hasil Belajar siklus II. Tindakan Penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan materi Bentuk Hubungan Sosial.Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa: 1.Penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bentuk hubungan sosial dikelas VIII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri Bakau yang dilakukan oleh guru untuk siklus I menunjukan dengan persentase 68% dengan kategori cukup menurut kriteria yang sudah ditentukan dan siklus II menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di terapkan oleh guru di kelas VIII-C Madrasah Tsanawiyah Negeri Bakau dengan persentase 82% dengan kategori baik sesuai dengan tolak ukur yang sudah ditentukan, dan dapat dismpulkan guru berhasil dalam penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. 2.Terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi bentuk hubngan sosial di kelas VIII-C Madrasah Tasanawiyah Negeri Bakau. Adapun peningkatan hasil belajar dilihat berdasarkan siklus I yaitu 20 siswa tuntas dan 11 siswa belum tuntas, nilai tertingi 90 dan terendah 50 dengan nilai rata-rata kelas 74,84 sedangkan siklus II yaitu 27 siswa tuntas dan 4 siswa belum tuntas nilai tertinggi 85 dan nilai terndah 60 dengan nilai rata-rata kelas 75,16.