PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PONTIANAK
Main Author: | UMY, HAFSARY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/3/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/4/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/6/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/280/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Debate Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak”. Masalah umum dalam penelitian adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran debate dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak?” dengan sub masalah antara lain: 1)Bagaimanakah perencanaan model pembelajaran Debate pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak?,2)Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran Debate pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Pontianak?,3)Apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Debate pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikelas VII SMP Negeri 2 Pontianak Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, dengan bentuk penelitian tindakan kelas.Untuk subjek penelitian adalah siswa kelas VII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pontianak yang jumlahnya 38 orang.Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dipergunakan rumus persentase dan mean (rata-rata).