UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI METODE PEMBELAJARAN RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI IPA I SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BENGKAYANG
Main Author: | SUHANDI, IKIP |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/3/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/4/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/6/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/7/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/270/ |
Daftar Isi:
- Skripsi iniberjudul :“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung Melalui Metode Pembelajaran Resiprokal Pada Siswa Kelas XI IPA I SMAN IBengkayang. Sub-sub masalah:(1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas XI IPA I SMAN I Bengkayang.(2) Apakah terdapat peningkatan pembelajaran lompat jauh gaya menggantung setelah diterapkan metode pembelajaran resiprokalpada siswa kelas XI IPA I SMAN I Bengkayang. Adapun Variabel dalam penelitian ini adalah variabel masalah. Variabel masalah pada siswa kelasXI IPA I adalah lompat jauh gaya menggantung. Jadi sesuai dengan pengertian diatas maka variabel tindakan dalam penelitian ini adalah melaluimetodepembelajaran resiprokal. Metodedalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan.Subjek penelitianini adalah siswa Kelas XI IPA I SMAN I Bengkayang sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Alat pengumpul datayang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Deskripsi Hasil Penelitianpada proses pembelajaran terjadi peningkatan yang sebelumnya pada pra siklus hanya 30% atau 10 siswa yang tuntas dengan rata-rata63,04 pada siklusI mengalami peningkatan menjadi 52% atau17siswayang tuntasdengan rata-rata71,3dan di siklus II meningkat menjadi 88% atau 29 siswa yang tuntas dengan rata-rata 79,5. Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan serta dibuktikan dengan hasil proses pembelajaran lompat jauh gaya menggantung, maka adanya peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada siswa kelas XI IPA I SMA Negeri I Bengkayang setelah diterapkan metode pembelajaran resiprokal. Dengan kesimpulan diatas maka disarankan sebagai berikut: (1). Agar dalam pembelajaranlompat jauh gaya menggantung dapat diterima dengan mudah dan cepat sebaiknya guru menggunakanmetode yang bersifat memotivasi siswa agar siswa dapat mandiri dan percaya diri salah satunya metode pembelajaran resiprokal sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. (2).Hendaknyadalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan guru lebih sering menggunakanmetode pembelajaran yang tidak terpusat pada gurusehingga dapat merangsang siswa untuk tertarik dengan materi yang diajarkan dan dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran.