Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul, “Pengaruh Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Pemai Kabupaten Sintang”.Masalah umum dalam penelitian ini adalah ”Bagaimanakah Pengaruh Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Pemai Kabupaten Sintang.dapun masalah umum tersebut dapat dikelompokan kedalam sub-sub masalah, antara lain:(1) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol sebelum menggunakan Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang?(2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sesudah menggunakan Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang ? ( 3 ) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan munggunakan pembelajaran konvesional dengan penerapan Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang ? (4) Apakah terdapat pengaruh penerapan Metode Point-Counter-Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang ? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental. Bentuk atau rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design Dalam bentuk atau rancangan dalam penelitian ini, adal dua kelompok yang masing-masing dipilih secara dengan pertimbangan tertentu atau Porpusive Sampling. Kelompok penelitian didalam penelitian ini adalah 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberikan treatmen atau perlakuan dan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatmen atau perlakuan.Sementara itu populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 01 Kelam Permai Kabupaten Sintang, yang berjumlah 96 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Porpusive Sampling. Dimana XI IPS 1 yang dijadikan kelas eksperimennya dan XI IPS 2 yang dijadikan kelas kontrolnya.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pilihan ganda, yang terdiri dari 20 soal dan observasi dan teknik pengumpulan dokumentasi