PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SEGI EMPAT
Main Author: | ANDI, RANI RAHMATIAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/1/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/5/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/7/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/8/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/9/BAB%20II.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/10/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/258/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat (Penelitian Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak)”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah(1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?;(2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?;(3) Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tipe Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?; (4) Bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran Cooperative Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi segi empat?. Bentuk penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Adapun rancangan yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak yaitu dengan kemampuan siswa di sepuluh kelas bersifat homogen. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 16 Pontianak yang diperoleh melalui teknik cluster random sampling. Kesimpulan dari penelitian ini adalah:(1) Kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak sebelum diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong kurang dan sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong baik.(2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswa sesudah diberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat.(3)Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong aktif. (4) respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segi empat tergolong positif dengan kriteria baik.