PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI PENGENALAN PERANGKAT LUNAK DI SMP NEGERI 1 PEMANGKAT

Main Author: JANUARDI, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/2/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/5/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/6/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/7/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/247/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Pengenalan Perangkat Lunak di SMP Negeri 1 Pemangkat.Adapun masalah umum dalam penelitian ini adalah:“Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pengenalan perangkat lunak di SMP Negeri 1 Pemangkat ?”. Dengan sub-sub masalah (1)Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat ?, (2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat ?,(3) Apakah terdapat pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat ? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi secara objektif mengenai pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pengenalan perangkat lunak di SMP Negeri 1 Pemangkat.khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut: (1) Mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat. (2) Mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat.(3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pengenalan perangkat lunak di kelas VII SMP Negeri 1 Pemangkat. Adapun manfaat penelitian yang diharapkan adalah sebagai berikut: (1) Manfaat secara teoritis: Memberikan informasi tentang pentingnya untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sekolah dan kebutuhan siswa agar dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran. 2) Manfaat Praktis: Bagi siswa antara lain: (a) Sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan siswa diharapkan dapat menemukan konsep sendiri dalam pembelajaran.(b) Memberikan dorongan/ motivasi kepada siswa dalam mengembangkan hasil belajar dalam pembelajaran di sekolah, rumah dan masyarakat serta dapat menghubungkan materi pelajaran dengan keadaan nyata.Bagi guru:(a) Sebagai bahan pertimbangan untuk memiliki dan menggunakan model pembelajaran yang baik dan tepat.(b) Menambah wawasan pengetahuan untuk mengembangkan minat guru dalam pelaksanaan pembelajaran.Bagi Peneliti:(a)Sebagai bahan untuk menambah