UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA STILL PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPS (SEJARAH) DI KELAS IX MTS. AL. MUJTAHID PONTIANAK
Main Author: | NUR HAFIDZAH, MUTHMAINNAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/1/ABSTRAK.PDF http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/2/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/3/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/4/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/6/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/233/ |
Daftar Isi:
- iii Judul skripsi ini “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak”. Masalah umum yang dibahas di dalam skripsi ini ialah “Bagaimana Upaya Menigkatkan Hasil Belajar siswa melalui media still picture di kelas IX Mts. Al- Mujtahid Pontianak”. Dengan sub-sub masalahnya adalah; 1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak; 2) bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (sejarah) melalui media still picture di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak; 3) apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel penelitian adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui media still picture pada mata pelajaran IPS (sejarah) di Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IXB MTs. Al- Mujtahid Pontianak. pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik pengukuran, dan teknik dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Indikator kinerja menggunakan hitungan rumus persentase. Berdasarkan hasil lembar observasi, tes dan dokumentasi dapat ditarik kesimpulan secara umum bahwa “ dengan menggunakan media still picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas IX di MTs. Al- Mujtahid Pontianak.Secara khusus dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran melalui media still picture dapat dilihat siswa lebih fokus memperhatikan penjelasan dari guru dan siswa lebih besemangat dalam mengikuti proses pembelajaran secara aktif sehingga meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS (Sejarah) siswa kelas IX MTs Al- Mujtahid Pontianak. 2) Hasil belajar pembelajaran IPS Sejarah siswa Kelas IX MTs. Al- Mujtahid Pontianak Melalui media still Picture pada pra siiklus nilai rata-rata siswa 65,35, siklus nilai rata- rata 73,39, siklus 2 nilai rata- rata 79,64. 3)Terdapat peningkatan hasil belajar melalui media still picture pembelajaran IPS Sejarah siswa kelas IX MTs.Al- Mujtahid Pontianak yaitu pra siklus dengan presentase 53,57%,siklus I dengan presentase sebesar 71,42% dan siklus II dengan presentase sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, dapat penulis kemukakan saran-saran sebagai berikut : 1) Pelaksanaan pembelajaran melalui media still picture menuntut siswa lebih aktif dalam memahami dan menguasai materi pelajaran, untuk itu guru diiharapkan dapat membimbing siswa dalam mengemukakan pertanyaan baik secara tertulis maupun secara lisan untuk mengasah kemampuan analisis siswa terhadap suatu masalah sekaligus mencari