HUBUNGAN STRATEGI ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII MTS NEGERI NGABANG KABUPATEN LANDAK
Main Author: | YA’ ANDI, WAHYUDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/1/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/3/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/5/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/6/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/232/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul “Hubungan Strategi Elaborasi Terhadp Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak”. Masalah umum yang dibahas adalah “bagaimanakah hubungan strategi elaborasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak?”. Dengan sub-sub masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah pelaksanaan strategi elaborasi pada mata pelajaran sejarah?. 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak setelah menggunakan strategi elaborasi pada mata pelajaran sejarah?.3) Apakah terdapat hubungan dari strategi elaborasi oleh guru pada mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar siswa kelas kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak?.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi elaborasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak.Dengan tujuan khususnya sebagai berikut: 1) Pelaksanaan strategi belajar elaborasi pada mata pelajaran sejarah. 2) Hasil belajar siswa kelas kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak setelah menggunakan strategi elaborasi pada mata pelajaran sejarah. 3) Hubungan antara strategi elaborasi oleh guru pada mata pelajaran sejarah dengan hasil belajar siswa kelas kelas VIII MTs Negeri Ngabang kabupaten Landak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan bentuk penelitian studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 144 siswa dan sampelnya berjumlah 73 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dengan alat pengumpulan data berupa panduan observasi,komunikasi langsung dengan alat pengumpulan data berupa panduan wawancara,komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpulan data berupa angket, pengukuran dengan alat pengumpulan data berupa teshasil belajar, dan studi dokumenter dengan alat pengumpulan data berupa dokumen. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata (mean), dan korelasi produck moment