MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VII SMP NEGERI 10 SUNGAI RAYA

Main Author: KARNIYANTO, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/2/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/3/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/4/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/5/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/225/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di Kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Raya”. Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Hal ini disebabkan kurang bervariasinya metode yang digunakan sehingga menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran menyenangkan dengan Humor dan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan menggunakan strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor di SMP Negeri 10 Sungai Raya. Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran pembelajaran menyenangkan dengan humor dan variabel masalah adalah hasil belajar. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan bentuk penelitian tindakan kolaboratif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 10 Sungai Raya dengan jumlah siswa 33 orang. Teknik pengumpul data berupa teknik observasi partisipatif, teknik pengukuran/tes dan teknik studi dokumenter dengan alat pengumpul data, berupa pedoman observasi, pra-tes dan pos-tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata (mean) dan ketuntasan belajar (persentase)