Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa terhadap media lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII SMP Negeri 1 Sandai Kabupaten Ketapang Penelitian dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2016 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan.Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengukuran minat belajar adalah 15 item soal untuk wawancara guru serta 10 item soal untuk wawancara siswa. Sedangkan untuk data pendukung lainnya menggunakan panduan observasi. Setelah dilakukan penelitian terhadap minat belajar siswa, didapat minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sandai dapat dikatakan sebagai bentuk dari aktivitas tujuan sekolah yang menginginkan siswa mempunyai minat belajar yang tinggi, dikarenakan siswa-siswa melaksanakan tugas sebagaimana mestinya hakikat siswa sebagai pelajar.Sebagian siswa hanya tidak mempunyai minat belajar yang bagus maka disini peran penting guru dalam proses pembelajaran IPS Terpadu yang erat kaitanya dengan lingkungan bisa membuat pembelajaran IPS Terpadu tidak terfokus didalam kelas. Dapat disimpulkan bahwa Bahwa Analisis Minat Belajar siswa terhadap Media Lingkungan pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Negeri 1 Sandai Kabupaten Ketapang, sesuai dengan apa yang disampaikan melalui wawancara dan observasi yang peneliti lakukan dimana sekolah sudah mulai mengacu pada menfaatakan media lingkungan yang dimana sekolah memiliki tujuan untuk mendidik siswa-siswi agar paham akan betapa pentingnya lingkungan disekeliling kita dan bisa memahami apa pentingnya lingkungan dalam menunjang pemanfaatan media lingkungan dalam proses pemebalajaran khsusnya IPS Terpadu dan mata pelajaran lainya terkait minat belajar siswa dalam proses pembelajaran Serta potensi media lingkungan yang ada di Kecamatan Sandai yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar salah satunya danau /rawa ,sungai pawan,lingkungan penduduk,pasar dan situs bersejarah yang semua erat kaitanya dengan materi IPS Terpadu.