PERAN H.ISMAIL MUNDU TAHUN1870-1957DALAM MATERI SEJARAH PENYEBARAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS SMA PELANGI NUSANTARA PUNGGURKABUPATEN KUBU RAYA

Main Author: HARBANI, IKIP
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/1/ABSTRAK.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/2/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/3/BAB%20I.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/4/BAB%20III.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/5/BAB%20II.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/6/BAB%20V.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/7/BAB%20IV.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/214/
Daftar Isi:
  • HARBANI.”Peran H. Ismail Mundu Tahun 1870-1957 Dalam Materi Sejarah Penyebaran Islam Di Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Pelangi Nusantara Punggur Kabupaten Kubu Raya,Skripsi. Pontianak : Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikandan Pengetahuan Sosial InstitutKeguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia,2015. Masalah umum sesuai fokus penelitian ini adalah “Bagaimanakah peran H. Ismail Mundu tahun 1870-1957 dalam materi sejarah penyebaran islam diindonesia pada siswa kelas XI IPS SMA Pelangi Nusantara Punggur Kabupaten Kubu Raya ?”dengan sub masalah penelitian,(1) Bagaimanakah perencanaan yang dilakukan guru mata pelajaran sejarah dalam menyampaikan dan menarik perhatian siswa terhadap PeranH. Ismail Mundu Tahun 1870-1957 dalam materi sejarah penyebaran islam di indonesia pada siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Pelangi Nusantara Punggur? (2)Bagaimanakah pelaksanaan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran sejarah dalam menyampaikan Peran H. Ismail Mundu Tahun 1870-1957 dalam materi sejarah penyebaran islam di indonesia pada siswa Kelas XI IPS SMA Pelangi Nusantara Punggur ?(3) Bagaimanakah pemahaman siswa dalam memahami peran H. Ismail Mundu tahun 1870-1957 dalam materi sejarah penyebaran islam di indonesia terhadap siswa kelas XI IPS SMA Pelangi Nusantara Punggur ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif (descriptive research). Sesuai dengan metodemaka bentuk penelitiannya adalah studi kasus(case studies), karena peneliti ingin memusatkan pada satu objek tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan : 1) Teknik Observasi langsung 2) Teknik Komunikasi Langsung 3) Teknik Dokumenter dan Alat pengumpulan data menggunakan 1) Panduan Observasi 2) Panduan Wawancara 3) Dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh divaliditas menggunakan trianggulasi data yang merupakan cara yang paling umum digunakan bagi peningkatan validitas data dalam penelitian. Setelah itu data yang sudah divalidkan kemudian di analisis kembali menggunakan 1)Pengumpulan Data 2)Reduksi Data3)Penyajian Data dan 4) Verifikasi atau Penyimpulan data