Daftar Isi:
  • Skripsi ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa kelas VII SMP ABDI AGAPE melalui metode Certainty Of Response Index (CRI). Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif secara Harfiah dengan bentuk penelitian studi kasus yang mengacu pada teknik pengukuran berupa tes tertulis yang berbentuk pilihan ganda dan teknik komunikasi langsung berupa wawancara kepada siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa pada pengertian skala sebagai perbandingan sebesar 13,51%, miskonsepsi siswa menghitung faktor perbesaran sebesar 16,21%, miskonsepsi siswa yang melibatkan perbandingan senilai sebesar 8,10%, miskonsepsi siswa pada materi perbandingan yaitu: 1) siswa belum paham dalam memahami materi perbandingan, 2) siswa belum paham dalam operasi membagi, 3) siswa belum paham dalam membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai, 4) siswa belum memahami konsep mengubah satuan dari cm ke m.