PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH

Main Author: LHIZA, DWI YANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/1/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/4/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/5/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/7/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/203/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Harmonik Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh“. Masalah umum dalam penelitian ini adalah: “Adakah terdapat Perbedaan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran Harmonik Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?“. Adapun sub-sub masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada materi getaran harmonik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?; (2) Bagaimanakah rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum pada materi getaran harmonik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh?; (3) Apakah terdapat perbedaan sebelum dan setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi getaran harmonik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh? Tujuan penelitian secara umum adalah untuk mengetahui perbedaan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental design dengan menggunakan pola rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, dan tes hasil belajar yang berupa tes essai. Analisis data rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis praktikum dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, sedangkan analisis pengaruh hasil belajar siswa menggunakan uji t