Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Masalah umum dalam penelitian ini yakni “Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas X dengan memanfaatkan perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu ?. Sedangkan masalah khusus dalam penelitian ini adalah ( 1) Bagaimanakah peran guru dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah pada pembelajaran sejarah di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu ?, ( 2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa kelas X selama mengikuti pembelajaran sejarah dalam memanfaatkan literatur perputakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu ?, dan (3) Bagaimanakah ketersediaan buku di perpustakaan sekolah mendukung terlaksananya pembelajaran sejarah di kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kab upaten Kapuas Hulu? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif , dengan bentuk penelitian penelitian kualitatif . subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X A yang terdiri dari 19 laki- laki dan 22 perempuan dan guru mata pelajaran sejarah yang mengajar di kelas X A Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. Teknik pengumpulan data berupa observasi langsung , komunikasi langsung, dan studi dokumenter sedangkan alat pengumpulan data berupa lembar observasi, panduan wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif