Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak” Skripsi Program Studi S1 dalam Bimbingan dan Konseling, Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia Pontianak 2016 dengan Pembimbing utama Dra. Urai Titin Hiswari, M. Si dan Pembimbing pembantu Aliwanto, M. Pd, kons. Masalah umum yang dibahas di dalam skripsi ini ialah “Apakah Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing dapat Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi pada Siswa kelas VIII Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pontianak”. Dengan sub masalahnya adalah; “1) Bagaimana Komunikasi Antar Pribadi sebelum dilaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pon Role Playing tianak?; 2) Bagaimana tahapan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing dalam upaya meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak?; 3) Bagaimana hubungan Komunikasi Antar Pribadi setelah dilaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak?; dengan tujuan umum untuk meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak. Manfaat dalam penelitian ini diarahkan secara teoritis dan manfaat secara praktis bagi siswa, guru BK, guru Mata Pelajaran, dan kepala sekolah. Sedangkan fokus penelitian yaitu meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik Role Playing pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Pontianak