PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KENDAWANGAN
Main Author: | YOPI, TRIANTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/2/BAB%20I.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/4/BAB%20IV.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/5/BAB%20V.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/6/BAB%20II.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/7/BAB%20III.pdf http://digilib.ikippgriptk.ac.id/180/ |
Daftar Isi:
- Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kendawangan. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa sebelum diajarkan materi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (2) hasil belajar siswa sesudah diajarkan materi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (3) terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa pada materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kendawangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dan rancangan penelitian onegroup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kendawangan yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VII A, VII B, dan VII C. Pengambilan sampel yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumentasi dan pengukuran, sedangkan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah daftar nilai dan tes