UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE KOOPERATIFE TIPE SNOWBALL DRILLING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 2 TELUK KERAMAT KABUPATEN SAMBAS

Main Author: EDI, SETIAWAN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/1/BAB%20II.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/2/BAB%20V.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/3/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/4/BAB%20IV.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/5/BAB%20III.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/6/BAB%20I.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/7/RINGKASAN%20SKRIPSI.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/174/
Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah “Upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode kooperatife tipe snowball drilling pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat Kabupaten Sambas”. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan kejelasan serta kebenaran tentang upaya guru meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode kooperatife tipe snowball drilling pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Teluk Keramat Kabupaten Sambas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat yang berjumlah 34 siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan keaktifan belajar Sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa pada tiap siklusnya. (1) Pelaksanaan pembelajaran snowball drilling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat Kabupaten Sambas telah berjalan efektif. Dari hasil observasi aktifitas guru dalam pembelajaran tergolong kurang dengan perolehan skor 57 atau 68% dari aspek keseluruhan dengan skor ideal 84 pada siklus I sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan dengan skor 73 atau 86% dari skor ideal 84. Dari hasil refleksi pada siklus I sudah dapat teratasi dengan baik guru sudah dapat membimbing siswa dalam belajar aktif mencari jawaban. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai indikator keberhasilan ≥70% sebanyak 19 dari 34 siswa atau tuntas belajar klasikal mencapai 55% dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus II tuntas belajar klasikal mencapai 79% dengan nilai rata-rata 73. Ini berarti tingkat ketuntasan belajar klasikal siklus II mengalami peningkatan sebesar 24% dari ketuntasan belajar klasikal siklus I. (3) Penerapan metode pembelajaran snowball drilling pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Teluk keramat Kabupaten Sambas dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes dengan nilai rata-rata 64 pada Siklus I dan 73 pada siklus II.