Daftar Isi:
  • Judul penelitian ini adalah “Hubungan model pembelajaranmind mapping dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak”.Masalah umum dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hubungan model pembelajaran mindmappingdengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak?”. Adapun Sub-sub masalah penelitian yaitu: 1)Bagaimanakahpelaksanaan modelpembelajaran Mind Mappingdi kelasXI IPS SMA Wisuda Pontianak. 2)Bagaimanakahhasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak. 3) Apakahterdapat hubungan modelpembelajaran Mind Mapping dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: a) variabel bebas yaitumodel pembelajaranmind mapping.b) variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian adalah studi hubungan. Adapun populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Wisuda Pontianak dansampel dari penelitian ini adalah 24 siswa. Untuk menjawabrumusan masalah 1menggunakan rumus persentase,untuk menjawab rumusan masalah 2 menggunakanrumus rata-rata atau Mean, dan untuk menjawabrumusan masalah 3menggunakan korelasiproduct momentpearson. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik pengukuran. Adapun alatnya ialah panduan observasi, angket dan tes hasil belajar