UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Main Author: RANDI, MAULANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/1/DAFTAR%20PUSTAKA.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/2/BAB%20I.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/3/BAB%20II.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/4/BAB%20III.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/5/BAB%20V.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/6/BAB%20IV.PDF
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/118/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini juga memberikan deskripsi yang jelas bahwa dengan pendekatan bermain dalam pembelajaran dribble bolabasket dapat meningkatkan hasil belajar siswa (baik proses maupun hasil), sehingga penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu pertimbangan bagi guru penjas yang ingin menerapkan pendekatan bermain di dalam pembelajaran. Bagi guru penjas hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran Penjas khususnya yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar dribble bolabasket yang efektif dan menarik yang membuat siswa lebih aktif serta menghapus persepsi siswa mengenai pembelajaran Penjas yang pada awalnya membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Dengan diterapkannya model pembelajaran dengan pendekatan bermain untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dribble bolabasket, maka siswa memperoleh pengalaman baru dan berbeda dalam proses pembelajaran Penjas. Pembelajaran Penjas yang pada awalnya membosankan bagi siswa, menjadi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Pemberian tindakan dari siklus I dan II memberikan deskripsi bahwa terdapatnya kekurangan atau kelemahan yang terjadi selama proses pembelajaran berlangsung. Namun, kekurangan-kekurangan tersebut dapat diatasi pada pelaksanaan tindakan pada siklus-siklus berikutnya. Dari pelaksanaaan tindakan yang kemudian dilakukan refleksi terhadap proses pembelajaran, dapat dideskripsikan terdapatnya peningkatan kualitas pembelajaran Penjas (baik proses maupun hasil) dan peningkatan hasil belajar siswa. Dari segi proses pembelajaran Penjas, penerapan model pembelajaran melalui pendekatan bermain ini dapat merangsang aspek motorik siswa. Dalam hal ini siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran Penjas yang nantinya dapat bermanfaat untuk mengembangkan kebugaran jasmani, mengembangkan kerjasama, mengembangkan skill dan mengembangkan sikap kompetetif yang kesemuanya ini sangat penting dalam pendidikan jasmani