PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS AL-ISHLAH PONTIANAK

Main Author: DAHLIA, MAHARANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/1/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/3/BAB%20III.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/4/BAB%20I.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/5/BAB%20V.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/6/BAB%20II.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.ikippgriptk.ac.id/102/
Daftar Isi:
  • Dahlia Maharani. 511100324. Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Al-Ishlah Pontianak. Pembimbing pertama Drs.H. Zuldafrial, M. Si dan pembimbing kedua Adisti Primi Wulan, M. Pd. Skripsi. Pontianak. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni IKIP PGRI Pontianak Masalah yang dibahas dalam skripsi ini ialah “Bagaimanakah Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Al-Ishlah Pontianak?“. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Al-Ishlah Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan bentuk pre-experimental design yakni one group pre-test dan post-test. Metode dan bentuk penelitian ini dibantu dengan teknik pengumpulan data berupa teknik pengukuran dengan alat yaitu tes. Jumlah populasi yang tersedia sebanyak 30 siswa, sehingga peneliti kemudian mengambil kelas X yang berjumlah 30 siswa untuk dijadikan sampel. Adapun cara pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobality sampling yaitu dengan purposive sampling