Analisis Pengukuran Tingkat Kepuasan Konsumen Perumahan Dalam Rangka Perbaikan Fasilitas Dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada PT Perkebunan Tanjung Bahagia - Malang (Pengembang Perumahan Persada Bhayangkara Singhasari)
Main Author: | Hikmawati, Dewi |
---|---|
Format: | application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
STIE Kesatuan
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.stiekesatuan.ac.id/index.php/jik/article/view/100 |
Daftar Isi:
- Alasan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan riset pemasaran pada PT Perkebunan Tanjung Bahagia – Malang (Pengembang Perumahan Persada Bhayangkara Singhasari) saat ini, untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen/penghuni Perumahan Persada Bhayangkara Singhasari, dan untuk mengetahui peranan hasil analisis pengukuran tingkat kepuasan konsumen/penghuni perumahan dalam memberikan informasi bagi perusahaan untuk melakukan perbaikan fasilitas dan meningkatkan kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa PT Perkebunan Tanjung Bahagia – Malang telah melakukan riset pemasaran, yaitu riset segmentasi pasar dalam hal penjualan rumah dan kegiatan pendataan serta penanganan keluhan konsumen (pembeli) perumahan. Hasil analisis pengukuran tingkat kepuasan penghuni Perumahan Persada Bhayangkara Singhasari yang dilakukan terhadap 16 responden adalah sebagai berikut: • Kepuasan konsumen terhadap kondisi fisik rumah secara umum adalah: tidak puas = 6,3%; biasa = 56,3%; puas = 37,5%; dengan analisis nilai chi-square (CS) : CS hitung (4,667) < CS tabel 5,991, sehingga tidak cukup bukti untuk menolak H0. Artinya perbedaan tipe rumah tidak menunjukkan perbedaan yang sangat berarti terhadap tingkat kepuasan secara keseluruhan. • Kondisi fisik rumah yang memberikan tingkat kepuasan tertinggi adalah sinar matahari dan yang terendah adalah dapur. • Aspek bertetangga yang memberikan kepuasan tertinggi adalah kebebasan dan yang terendah adalah kesetarafan pendidikan. • Pelayanan fasilitas sarana dan prasarana perumahan yang memberikan tingkat kepuasan paling tinggi adalah fasilitas rumah ibadah dan yang terendah adalah fasilitas taman umum. • Dalam hal lingkungan, kebersihan udara memberikan tingkat kepuasan tertinggi sedangkan yang terendah adalah kebersihan lingkungan. • Secara umum responden tidak mengalami kesulitan dalam mencapai fasilitas-fasilitas umum dari lokasi perumahan. • Pendapat responden mengenai peringkat perumahan adalah : baik sekali = 6,3%; baik = 50%; sama = 31,3%; dan di bawah rata-rata = 6,3%. Dalam rangka perbaikan kualitas dan peningkatan kualitas pelayanan sebaiknya perusahaan memprioritaskan pada variabel-variabel yang saat ini kondisinya kurang disukai oleh konsumen (pembeli), di sisi lain variabel tersebut termasuk hal-hal terpenting menurut konsumen, seperti: ventilasi udara, kamar mandi, pembuangan sampah sementara, sistem keamanan, dan penerangan jalan lingkungan/umum Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Perumahan, Pengembang