EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DI MAN TAPANULI SELATAN

Main Author: Pane, Indra Pranata Putra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2019
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/977
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/977/461
Daftar Isi:
  • Abstract                 This study aims to know the  effectiveness of open ended approach on students’ mathematical critical thinking ability on the topic trigonometry at the tenth grade students of MAN Tapanuli Selatan.  The research was conducted by using experimental method (one group pretest post test design) with 38 students as the sample and they were taken by using simple random sampling technique from 148 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of open ended approach was 3.11 (very good category) and (b) the average of students’ mathematical critical thinking ability on the topic trigonometry before open ended approach was 45.29 (fair category) and after open ended approach was 75.66 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest  and help SPSS version 17 showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05) and by using effect size, the result showed G = 0.55 (middle category). It means, open ended approach was effective on students’ mathematical critical thinking ability on the topic trigonometry at the tenth grade students of MAN Tapanuli Selatan.   Keywords: open ended, mathematical critical thinking ability, trigonometry
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan open-ended pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada topik trigonometri pada siswa kelas X MAN Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 38 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari 148 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (a) rata-rata pendekatan open-ended adalah 3,11 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada topik trigonometri sebelum pendekatan open ended adalah 45,29 (gagal). kategori) dan setelah pendekatan berakhir terbuka adalah 75,66 (kategori baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample t test dan bantuan SPSS versi 17 menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan dengan menggunakan effect size, hasilnya menunjukkan G = 0,55 (kategori sedang). Artinya, pendekatan open-ended efektif pada kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada topik trigonometri pada siswa kelas sepuluh MAN Tapanuli Selatan.   Kata-kata kunci : Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis, Trigonometri