EFETIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALITATION AUDITORY KINESTETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Main Authors: Riadiah, Nurul, Siregar, Nisah Ayu, Ahmad, Marzuki
Format: Article info Document eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2019
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/976
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/976/465
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran VAK terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik bangun ruang pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan eksperimen (one group pre test post test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik random sampling dari 271 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran VAK adalah 3,8 (kategori sangat baik) dan b) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik bangun ruang sebelum menggunakan model pembelajaran VAK adalah 37,6 ( kategori buruk) dan setelah menggunakan model pembelajaran VAK adalah 80,5 (kategori sangat baik). Selanjutnya, dengan menggunakan formulasi N-Gain hasil menunjukkan G = 0,68 (efektif menengah), itu berarti menggunakan model pembelajaran VAK efektif pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada bangun ruang  pada siswa kelas delapan SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.   Kata kunci: VAK, kemampuan komunikasi, figur solid
  •   The aims of this study is to describe the effectiveness of using VAK learning model on students’ mathematical communication ability on the topic solid figure at the eighth grade student of SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.  This research was conducted by applying experimental (one group pre test post test design) with 25 students as the sample and they were taken by using random sampling technique from 271 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found:  (a) the average of using VAK learning model was 3.8 (very good category) and b) the average of students’ mathematical communication ability on the topic solid figure before using VAK learning model was 37.6 (poor category) and after using VAK learning model was 80.5 (very good category). Furthermore, by using N-Gain formulation the result showed G=0.68 (middle effective), it means using VAK learning model was effective on students’ mathematical communication ability on the topic solid figure at the eighth grade student of SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.   Keywords: VAK, communication ability, solid figure