EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU

Main Authors: Harahap, Efrida Rumondang, Lubis, Roslian, Lubis, Nenni Farida
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1855
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1855/1126
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (One Group Pretest Posttest Design) dengan 25 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan tehnik total sampling. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata penggunaan model pembelajaran creative problem solving adalah 3,83 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang sebelum menggunakan model pembelajaran creative problem solving adalah 53,28 (kategori kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran creative problem solving 75,68 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,00 <0,05). Artinya, model pembelajaran creative problem solving efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi peluang pada siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu.
  • The aim of this study is to describe the effectiveness of using creative problem solving learning model toward students’ mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 25 students as the sample and they were taken by using total sampling technique. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found:  (a) the average of using creative problem solving learning model was 3.83 (very good category) and (b) the average of students’ mathematical problem solving ability before using creative problem solving learning model was 53.28 ( fair category) and after using creative problem solving learning model was 75.68 ( good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 22), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, creative problem solving learning model was effective used toward students’ mathematical problem solving ability at the eighth grade students of SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu.